Konsumsi Beras Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Kompas.com - 07/02/2012, 21:06 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Konsumsi beras di Indonesia mencapai 139 kilogram per kapita per tahun. Angka ini tertinggi dibanding negara-negara di Asia Tenggara.

"Angka itu lebih tinggi dibanding Thailand dan Malaysia, yang konsumsi berasnya berkisar 65 kilogram hingga 70 kilogram per kapita per tahun," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat dalam seminar "Jakarta Food Security Summit" di Jakarta Convention Center, Selasa (7/2/2012).

Hidayat mengemukakan perlunya mengubah pola ketergantungan masyarakat terhadap beras dengan menciptakan produk makanan nonberas. "Pemanfaatan bahan pangan lokal nonberas yang mengandung karbohidrat, seperti singkong dan umbi-umbi lainnya serta sagu, akan mengurangi ketergantungan masyarakat akan beras," ujarnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X