Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM dan Koperasi Kian Mudah Dapatkan Pembiayaan?

Kompas.com - 13/02/2012, 14:09 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2011, Kementerian Koperasi dan UKM mengklaim telah berupaya melakukan sejumlah program pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (KUMKM). Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan akses kepada sumber pembiayaan.

"Sesuai rencana kerja pemerintah tahun 2011, Kementerian Koperasi dan UKM telah melaksanakan program atau kegiatan pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah baik yang bersifat kebijakan maupun kegiatan dalam bentuk fasilitasi dan bantuan penguatan usaha," ujar Menteri Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan, dalam rapat kerja dengan Komisi VI, di Jakarta, Senin (13/2/2012).

Menurut Sjarifuddin, kementerian telah berupaya meningkatkan iklim usaha yang kondusif bagi KUMKM. Iklim ini disebut penting demi mewujudkan KUMKM yang lebih koordinatif dan partisipatif. Kementerian mengupayakan ini dengan penyediaan regulasi atau kebijakan nasional dan daerah.

"Meningkatkan akses kepada sumber daya produktif, terutama berkaitan dengan jangkauan dan jenis sumber pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan usaha KUMKM, peningkatan akses teknologi, akses pasar dan pemasaran bagi KUMKM," tambah dia terkait upaya kementerian lainnya.

Tidak hanya sebatas itu, Sjarifuddin juga menyebutkan, kementerian juga melakukan pengembangan produk dan pemasaran bagi KUMKM. Ini dilakukan agar produk yang dihasilkan berkualitas, inovatif, kreatif dan berdaya saing baik di pasar lokal dan luar negeri.

Tak luput pula, kementerian meningkatkan daya saing sumber daya manusia KUKM sepanjang tahun lalu. Pencetakan jumlah wirausaha baru juga dilakukan. Di mana pencetakan itu dilakukan dengan pola pengembangan kewirausahaan yang tersistem, seperti pendidikan pelatihan.

"Penguatan kelembagaan koperasi untuk mengembangkan praktik berkoperasi yang sesuai nilai, jati diri, prinsip dan asas koperasi, serta peningkatan peran koperasi dan memfasilitasi perkembangan usaha anggota dan peningkatan kesejahteraan anggota," tutupnya sebagai upaya terakhir kementerian sepanjang tahun 2011 .

Untuk diketahui, tahun lalu, Kementerian Koperasi dan UKM mendapat dana alokasi APBN sebesar Rp 1,1 triliun. Dari dana itu sebesar Rp 938 ,28 miliar yang bisa direalisasikan, atau 94,36 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com