Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APBN-P untuk BBM Sedang Disiapkan

Kompas.com - 13/02/2012, 14:21 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, mengatakan, pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan sedang mempersiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2012, salah satunya untuk membuka peluang penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

"Oh ya itu (penyesuaian harga BBM bersubsidi) salah satu yang penting di situ. Itu hanya bisa diperbaiki dengan APBN-P," ucap Jero, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (13/2/2012).

Menurut Jero, Menteri Keuangan sedang mempersiapkan APBN-Perubahan 2012 itu. Tapi ia belum bisa menyebutkan apa detil perubahan APBN yang sedang dipersiapkan pemerintah untuk diajukan ke DPR terkait kebijakan BBM bersubsidi.

Ia hanya menyebutkan, peluang penyesuaian harga termasuk salah satu yang dicantumkan dalam APBN-P. Pasalnya, pada UU APBN 2012, opsi penyesuaian harga BBM bersubsidi tidak ada. Pada UU tersebut yang ada hanya opsi pembatasan konsumsi BBM bersubsidi dengan cara mengalihkan konsumsi ke bahan bakar lain seperti bahan bakar gas.

"APBN-P sedang disiapkan oleh Menteri Keuangan ya untuk sebagai dasar untuk persiapan 2012 ini. Kan memang harus ada APBN-P. Nanti apa hasilnya nanti tunggu Menteri Keuangan," tutur Jero.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com