Pemprov Kalbar Raih Penghargaan UMKM dari UNS

Kompas.com - 20/02/2012, 02:15 WIB
EditorBenny N Joewono

PONTIANAK, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memperoleh penghargaan dari Universitas Sebelas Maret Solo, Jawa Tengah, sebagai pemerintah provinsi terbaik dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya saat dihubungi dari Pontianak, Minggu, mengatakan cukup terkejut dan bangga karena mendapatkan penghargaan tersebut.

"Kita sendiri tidak mengetahui bahwa Kalbar sedang dilakukan penilaian, hingga diberikan penghargaan sebagai provinsi pengembangan UMKM terbaik untuk tingkat nasional," kata Christiandy Sanjaya, Minggu (19/2/2012).

Ia melanjutkan, penghargaan itu merupakan tantangan tersendiri bagi Kalbar karena mendorong agar pelayanan pembinaan terhadap UMKM dapat terus ditingkatkan.

"Terutama bagi dinas terkait, baik untuk provinsi maupun kabupaten dan kota, sehingga ke depannya kemajuan yang dicita-citakan dapat tercapai, sebagaimana yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Solo, bahwa pendapatan asli daerahnya diperoleh dari UMKM," ujar dia.

Ia menyampaikan apresiasi kepada pihak Universitas Sebelas Maret serta Kementerian Urusan Koperasi dan UKM yang telah melakukan penelitian dan penilaian di masing-masing daerah dengan obyektif.

Wagub Christiandy menerima penghargaan itu di Solo pada Sabtu (18/2/2012) malam, yang diberikan oleh Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof DR Ravik Karsidi, MS.

Penghargaan itu diberikan dalam "1st UNS Small Medium Enterprise (SME) Summit and Awards". Kegiatan itu terkait Dies Natalis ke-36 UNS dan Pusat Studi Pendampingan (PSP) Koperasi dan UMKM Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNS.

Menurut Prof DR Ir Totok Mardikamto, MS, Ketua PSP-KUMKM Universitas Sebelas Maret Solo selaku penanggung jawab sekaligus ketua tim seleksi, terpilihnya Kalbar sebagai provinsi penerima penghargaan berdasarkan dari penghimpunan data yang didapat atas penelitian dan penilaian yang telah dilakukan oleh pihak Kementerian Urusan Koperasi dan UKM serta tim di lapangan yang telah dilakukan sejak beberapa tahun.

Kemudian dipertimbangkan sebagaimana mestinya sehingga pilihan jatuh kepada Provinsi Kalimantan Barat sebagai Provinsi Pengembang UMKM Terbaik. Sedangkan Pemerintah Kota Surakarta sebagai Pemerintah Kabupaten/Kota Pengembang UMKM terbaik.

Diharapkan nantinya agar dapat terjalin kerja sama antara UNS Solo dan Pemerintah Kalimantan Barat dalam rangka membina dan mengembangkan UMKM.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X