Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Indonesia Bisa Tembus 120 Dollar AS

Kompas.com - 28/02/2012, 15:18 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan, harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) pada bulan Januari 2012 berada di angka 115,91 dollar AS per barrel. Untuk bulan Februari ini, harga ICP diperkirakan menembus 120 dollar AS per barrel.

"Sudah jauh di atas asumsi APBN 2012 yang (dipatok) 90 dollar AS per barrel," ujar Jero dalam paparannya di rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Jakarta, Selasa (28/2/2012).

Untuk bulan Februari ini, ICP pun diperkirakan mencapai lebih dari yang terjadi pada bulan lalu. Jero menyebutkan, ICP bisa mencapai 121,75 dollar AS per barrel.

Sebagai pembanding saja, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) berada pada harga 108,56 dollar AS per barrel per 27 Februari. Sedangkan minyak Brent sebesar 124,17 dollar AS per barrel pada tanggal yang sama. "Diperkirakan ke depan akan terus cenderung lebih mahal lagi karena krisis Selat Hormuz dan Iran dan lain-lain," tambah Jero.

Oleh karena itu, ia menyebutkan, asumsi ICP dalam APBN 2012 tidak lagi valid. Dan, ini akan diperbaiki dalam APBN-Perubahan 2012 yang segera diajukan pemerintah dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com