Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Berniat Menyaksikan Komodo

Kompas.com - 29/02/2012, 08:05 WIB
Frans Sarong

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berniat menyaksikan kadal raksasa komodo langsung di habitatnya di Taman Nasional Komodo atau TNK di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (5/3/2012) mendatang.  Kunjungan itu merupakan bentuk dukungan Presiden setelah TNK berhasil masuk tujuh keajaiban alam dunia baru.

Informasi itu disampaikan Komandan Korem 161 Wira Sakti NTT, Kolonel Edison Napitupulu, di Kupang, Selasa (28/2/2012) malam.

"Teleks dari Jakarta terkait rencana kunjungan itu sudah kami terima. Kami juga sudah melakukan rapat persiapan, Selasa siang, melibatkan pihak Lantamal (Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut) dan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) setempat yang menyimpulkan kondisi cuaca kondusif," jelas Edison Napitupulu.

Terkait rencana kunjungan itu pula, Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Leonard, didampingi Kolonel Edison Napitupulu berencana meninjau kawasan TNK, Jumat lusa.

Menurut rencana, Presiden besama rombongan dari Jakarta dengan pesawat ke Maumere, kota Kabupaten Sikka di Pulau Flores. Selanjutnya rombongan menuju TNK menggunakan KRI.

Pulau Komodo akhirnya terpilih sebagai salah-satu tujuh keajaiban dunia baru versi organisasi New7Wonders, berdasarkan hasil penghitungan yang diumumkan pada Sabtu (12/11/2011) pagi.

Menurut situs resmi organisasi itu, selain TNK adalah Halong Bay (Vietnam), Amazon (Amerika Latin), Pulau Jeju (Korea Selatan), Table Mountain (Afrika Selatan) , air terjun Iguazu (Amerika Latin), dan Puerto Princea Underground River (Filipina).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com