Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Stimulasi, Wall Street Merah

Kompas.com - 01/03/2012, 08:00 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com —  Sebagian besar saham yang ditransaksikan pada bursa AS dilanda aksi jual. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 turun 0,5 persen  menjadi 1.365,68. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,4 perse menjadi 12.952,07. Penurunan juga dicatatkan oleh indeks Nasdaq Composite sebesar 0,2 persen menjadi 2.966,89.

Saham-saham berbasis komoditas mencatatkan penurunan terbesar di antara sepuluh sektor lainnya yang terhimpun dalam indeks S&P 500. Penyebabnya, penurunan harga emas merupakan yang terbesar sejak Desember lalu. Sejumlah saham yang pergerakannya turut memengaruhi bursa AS antara lain: Newmont Mining Corp yang anjlok 4,2 persen, First Solar Inc turun 11 persen, dan Apple Inc naik 1,3 persen.

Aksi jual bursa AS dipicu oleh pimpinan the Federal Reserve, Ben S Bernanke, yang tidak memberikan indikasi apa pun untuk menstimulasi perekonomian. "Kepercayaan investor mulai terguncang. Masih ada sejumlah hal yang dicemaskan. Dengan tidak adanya stimulus, hal ini akan mengarah ke sebuah pertanyaan: bagaimana keluar dari masalah yang ada?" papar Bruce McCain, chief investment strategist KeyCorp di Cleveland.

Catatan saja, indeks S&P 500 sudah naik 8,6 persen di sepanjang tahun ini seiring data ekonomi yang lebih baik ketimbang prediksi. Sektor teknologi dan finansial mencatatkan kenaikan terbesar di antara sepuluh sektor lain, dengan kenaikan setidaknya 13 persen. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com