Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Kesempatan Perbaiki Esemka

Kompas.com - 02/03/2012, 01:22 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Solo tidak kecewa meskipun mobil Kiat Esemka yang diproduksi siswa sekolah menengah kejuruan setempat dinyatakan belum lulus uji emisi. Masih ada kesempatan untuk memperbaiki kinerja mobil tersebut.

Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, fase uji emisi adalah tahap awal perjuangan menjadikan Esemka sebagai mobil nasional. "Perjuangan belum selesai. Perjuangan untuk Esemka ini masih panjang. Kalau sudah dapat sertifikat uji tipe (SUT) dan kelayakan, kita akan terus berjuang," kata Rudy, panggilan akrab Rudyatmo.

Dia mengemukakan, pengembangan Esemka tetap sesuai rencana. Pada Juni 2012, mobil ini akan mulai diproduksi dan akan dideklarasikan tepat pada perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2012. "Kami tetap berharap instansi terkait uji emisi ini memberi kemudahan, tetapi tidak melanggar aturan," kata Rudy.

Rudy tidak kecewa setelah mendengar kabar Esemka belum memenuhi ambang batas yang ditetapkan dalam peraturan. Menurutnya, masih ada kesempatan bagi pembuat mobil Esemka untuk memperbaiki kinerja mobil tersebut. Dia meminta produsen Esemka, yaitu PT Solo Manufaktur Kreasi, untuk memperbaiki produk agar bisa kembali mengikuti uji emisi.

Permasalahan yang dihadapi mobil Esemka, menurut Rudy, murni permasalahan teknis mesin dan bisa diperbaiki oleh teknisi Esemka. "Ada catatan yang harus dibenahi dan ini permasalahan teknis saja. Jadi, emisi gas CO2 yang dihasilkan mobil Esemka masih di angka sebelas koma sekian gram per kilometer dan ini bisa diperbaiki. Kalau saya positive thinking saja," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com