Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Keberhasilan Reformasi Ditjen Pajak Diakui

Kompas.com - 19/03/2012, 13:38 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak kebanyakan dikenal masyarakat dengan catatan pelanggaran oknum pegawainya. Ternyata institusi yang berada di bawah Kementerian Keuangan ini juga punya catatan positif dari survei sejumlah lembaga independen.

"Keberhasilan reformasi juga telah dilakukan (dan) diakui dalam berbagai survei yang dilakukan oleh lembaga independen," ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo, dalam acara penyerahan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun Pajak 2011 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan para pejabat negara, di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (19/3/2012).

Agus menyebutkan, hasil survei integritas sektor publik yang dilakukan oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) tahun 2011, Ditjen Pajak memperoleh nilai 7,65 dari skala 10. Nilai tersebut jauh di atas nilai standar minimal integritas yang ditetapkan KPK sebesar 6. "Hasil yang baik juga ditunjukkan oleh survei terkait inisiatif anti korupsi KPK tahun 2010 dengan hasil 9,73 dari skala 10 untuk kode etik. Dan nilai 9,82 dari 10 untuk promosi anti korupsi," tambah Agus.

Lalu, lanjut Agus, Ditjen Pajak juga dinilai baik dalam survei oleh institusi independen Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2011. Indeks kepuasan layanan wajib pajak menunjukkan Ditjen Pajak memperoleh skor 3,79 dari skala 4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com