Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Pameran Dang di Mesir 14,9 Juta Dollar

Kompas.com - 01/04/2012, 21:37 WIB
Mustafa Abd. Rahman

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com-  Dalam pameran dagang internasional di Mesir yang berlangsung tanggal 18-30 Maret 2012, Indonesia berhasil mencapai transaksi sebesar 14.970.945 dollar Amerika Serikat untuk berbagai produk. Antara lain produk bahan baku mineral dan bahan baku semen, produk turunan minyak kelapa sawit (palm kernel stearine, cocoa butter, desiccated coconut dan coconut oil), tembakau, machine roasting coffee, stationery, aki mobil, dan food suplement.

Dalam upaya memperluas jaringan para pengusaha yang berpartisipasi dalam pameran dagang itu, KBRI Kairo mengundang para pengusaha Indonesia untuk hadir pada peresmian ASEAN-Egypt Business Association (AEBA) pada 21 Maret 2012 di Marriot Hotel Kairo, serta menghadiri peresmian Egyptian Business Development Association (EBDA) pada 24 April 2012 di Hotel Dusit-Thai, Tagammu Khamis, New Kairo.

Demikian keterangan pers KBRI Kairo yang diterima Kompas seperti dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman dari Kairo, Minggu malam in (1//4/2012).

Dubes RI di Kairo, Nurfaizi Suwandi, di sela makan malam dengan para pengusaha Indonesia pada 21 Maret 2012 menekankan bahwa KBRI Kairo menyambut baik keikutsertaan para pengusaha Indonesia dan mengimbau agar para pengusaha dapat memaksimalkan perannya selama di Kairo dalam upaya memperoleh calon buyer di Mesir.

Menurut Counsellor Ekonomi/Acting Atase Perdagangan KBRI Kairo, Whalter S. Kariodimedjo, tingginya minat calon importir Mesir dan negara sekitar terhadap produk Indonesia pada pameran dagang itu memberikan kesempatan emas bagi para produsen dan pelaku usaha di Indonesia untuk menjadikan Mesir sebagai kawasan strategis dalam meningkatkan nilai ekspor produk Indonesia.

Perusahaaan-perusahaan Indonesia yang berpartisipasi pada pameran tersebut adalah PT. Sekawan Cosmetic, Nahdi Jewelry, PT. Bina Karya Prima, CV. Afaq Erfani, Reny Feby Jewelry, PT. FG. Artha Sejahtera, PT. Harvest Chemical Solutions, Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, dan PT. Andaw Ngensowidjaja.

Selain itu, dua perusahaan Joint Venture yang turut serta adalah Pyramid Glass Company SAE (glassware) dan Salim Wazaran Abu Alata Co. Ltd (produk mie instan), serta dua agen produk Indonesia di Mesir, yaitu Al Pharaana for Trade (car battery) dan Mohsen El Fayyoumy Trade (produk plastik).

Di samping mempromosikan peningkatan kerja sama perdagangan Indonesia-Mesir, keikutsertaan Indonesia pada pameran dagang itu juga merupakan perwujudan komitmen Indonesia dalam mendukung upaya Mesir untuk pemulihan ekonomi dan stabilitas keamanan pascarevolusi 25 Januari 2011.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com