Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS Mutahirkan Data Perusahaan Pertanian

Kompas.com - 11/04/2012, 15:14 WIB
Hermas Effendi Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Badan Pusat Statistik akan melakukan pemutahiran data direktori perusahaan pertanian tahun 2012 ini. Pemutahiran data merupakan bagian dari rangkaian Sensus Pertanian (ST) 2013, yang merupakan ST ke 6 sejak 1963.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS Sihar Lumbantobing, Rabu (11/4/2012), di Jakarta mengatakan, pemutahiran data akan dilaksanakan mulai 1 Mei sampai 31 Agustus 2012. "Diharapkan, akhir Agustus 2012 atau kalau bisa lebih cepat sudah bisa dipublikasikan," jelasnya.

Jadwal kegiatannya mulai 1-31 Mei melakukan pemutahiran direktori perusahaan pertanian, 1 Juni - 31 Juli pengolahan dan validasi, 16 - 21 Juli evaluasi hasil, dan 23 Juli - 31 Agustus penyusunan dan pencetakan publikasi.

Data yang ada sekarang menunjukkan, jumlah perusahaan pertanian sebanyak 7.229 usaha. Meliputi 65 perusahaan di subsektor tanaman pangan, 322 perusahaan hortikultura, 1.877 perusahaan perkebunan, 2.408 perusahaan peternakan, 1.791 perusahaan perikanan dan 799 perusahaan kehutanan.

Pelaksanaan sensus pertanian merupakan yang keenam sejak 1963. Data yang disajikan meliputi nama perusahaan, jenis kegiatan utama, alamat perusahaan/kantor administrasi, bentuk badan hukum, status permodalan, jumlah tenaga kerja tetap, nama dan jabatan/contact person, dan alamat kantor pusat.

BPS berharap dukungan dari semua kalangan, termasuk perusahaan dan asosiasi agar data yang diharapkan bisa lebih lengkap dan lebih baik.

Manfaat pemutahiran data perusahaan pertanian antara lain untuk memberikan gambaran sebaran perusahaan pertanian, sehingga bisa untuk melihat peluang investasi dan pengembangan usaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com