Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Pasar Obat Terbesar Asia Tenggara

Kompas.com - 12/04/2012, 14:05 WIB
Indira Permanasari S

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan pasar obat terbesar di Asia Tenggara sehingga menjadi target pasar dunia. Nilai pasar farmasi di Indonesia diproyeksikan mencapai Rp 44 triliun.

Hal itu terungkap dalam media briefing tentang penyelenggaraan pa meran bahan baku obat internasional, Convention on Pharmaceutical Ingredients CPhI , Kamis (12/4/2012). Pameran bahan baku farmasi terbesar itu akan digelardi Jakarta International Expo, Kemayoran pada 10-12 Mei 2012

"Wilayah Asia Tenggara merupakan contoh pasar farmasi yang berkembang pesat dan Indonesia merupakan yang terbesar," ujar M. Gandhi, Managing Director ASEAN Business United Business Media (UBM), sebuah perusahaan penyelenggara pameran internasional.

Pameran itu akan menghadirkan para pemasok industri farmasi dari seluruh dunia untuk bertemu para pengambil keputusan dan profesional farmasi di kawasan Asia Tenggara.

Menurut Gandhi, masih banyak tantangan bagi industri farmasi untuk mendapatkan pasokan bahan baku berkualitas, layak, dan berkelanjutan sehingga dir asa tepat membawa pameran yang sudah dilakukan bertahun-tahun di Eropa, China, dan India itu ke Asia Tenggara.

Ketua Umum Pharma Materials Management Club dan Wakil Sekretaris Jenderal GP Farmasi Indonesia, Kendrariardi Suhanda mengatakan, Indonesia merupakan salah satu dari dua negara-lainnya Vietnam- yang pasar farmasinya diproyeksikan bertumbuh pesat dengan nilai semula 3,7 miliar dollar AS tahun 2010 menjadi 6,1 miliar dollar AS di tahun 2014.

"Industri lokal akan diuntungkan dengan program CphI karena mendatangkan pemain besar industri farmasi langsung ke depan pintu kita," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com