Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Temukan Cadangan Migas di Struktur Piretrium

Kompas.com - 15/04/2012, 14:52 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina EP (Exploration and Production) kembali menemukan cadangan gas bumi di area PAFE Pagardewa, Sumatera Selatan. Penemuan itu dibuktikan melalui uji kandungan lapisan atau UKL pada sumur eksplorasi Piretrium (PRT)-1.

Saat ini sumur eksplorasi itu telah menghasilkan total gas dan kondensat 15,35 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) dan 577 barrel kondensat per hari yang berasal dari Formasi Lahat dan Formasi Air Benakat.

Presiden Direktur Pertamina EP Syamsu Alam, Minggu (15/4/2012), di Jakarta, menyatakan, penemuan cadangan ini menambah keberhasilan penemuan cadangan di sejumlah struktur pada Proyek Area Fokus Eksplorasi (PAFE) Pagardewa.

" Seperti beberapa keberhasilan penemuan cadangan di wilayah PAFE Pagardewa sebelumnya, penemuan ini memberi kontribusi terhadap penambahan cadangan migas di Indonesia," ujarnya.

Struktur Piretrium terletak di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan,  sekitar 2 kilometer sebelah Barat Laut struktur Prabumenang atau 3 km sebelah tenggara struktur Tasim.

Sampai pertengahan April 2012, kegiatan Eksplorasi di area PAFE Pagardewa telah melakukan pemboran 4 (empat) sumur wildcat dan delineasi.

Selain target utama reservoir Formasi Baturaja, beberapa sumur di antaranya membuktikan penerapan konsep eksplorasi target dangkal pada reservoir batupasir Formasi Air Benakat (ABF) yang telah terbukti juga di sumur Piretrium-1, Lavatera-1, dan Kuang-E24.

Kegiatan eksplorasi di area PAFE Pagardewa bertujuan menambah cadangan migas dan beberapa hasil pemboran segera ditindaklanjuti dengan kegiatan  put on production (PoP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com