Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdee Slank: Jokowi Cocok Jadi Rocker

Kompas.com - 16/04/2012, 22:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa tanggapan awak Slank mengenai sosok bakal calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo? Di mata mereka, Wali Kota Solo tersebut punya jiwa kepemimpinan yang bagus, sekaligus penggemar musik rock tulen.

Di balik sosoknya yang bersahaja, Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi adalah penggemar musik-musik cadas, seperti Metallica, Judas Priest, dan Lamb of God. Kecintaan Jokowi terhadap musik aliran keras ini kemudian ditulis oleh Yon Thayrun dalam buku "Jokowi, Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker".

Gitaris Slank, Abdee Negara, menilai kepribadian sederhana dan dekat dengan rakyat seperti dimiliki Jokowi sangat cocok dengan kriteria pemimpin yang mumpuni. Namun, Abdee menilai Jokowi lebih cocok menjadi seorang rocker. "Jadi pemimpin dia bagus, tapi dia lebih cocok jadi rocker," kata Abdee ketika dijumpai seusai menerima kedatangan Jokowi di markas Slank, Jalan Potlot III, Jakarta, Senin (16/4/2012).

Abdee mengatakan, kedatangan Jokowi ke markas Slank itu dalam rangka silaturahim dan membicarakan rencana Slank yang akan tampil di Solo International Ethnic Music Festival pada Juli mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, penggebuk drum Slank, Bimo Setiawan Almachzumi atau Bimbim, mengatakan bahwa sudah lama warga Jakarta merindukan gubernur yang merakyat dan memiliki komitmen sosial yang tinggi seperti Jokowi. Dua hal itu juga menjadi perhatian utama Slank dalam menciptakan lagu. Maka wajar jika pertemuan Slank dan Jokowi itu juga membicarakan masalah Jakarta, seperti macet, banjir, prostitusi, dan judi.

Soal gaya kepemimpinan Jokowi, Bimbim menceritakan betapa Wali Kota Solo itu menunjukkan dirinya tidak pernah membuat jarak dengan warga Solo. Itu terlihat saat Slank menggelar konser di Solo dan Jokowi pun turut datang menyaksikan aksi mereka.

"Dia (Jokowi) sering ketemu sama kami di Solo. Dia sederhana, naik becak mau, nonton konser Slank juga jalan kaki. Nonton bareng penonton yang lain. Enggak ada jarak antara rakyat dan pemimpinnya," kata Bimbim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com