Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Sempat Terpental hingga "Nyangkut" di Pohon

Kompas.com - 26/04/2012, 17:30 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat ledakan tangki penyimpanan bensin dalam tanah ternyata sangat luar biasa. Ledakan hebat yang terdengar hingga beberapa kilometer mengakibatkan Saimin, korban tewas, terpental hingga puluhan meter.

"Yang meninggal terpental jauh. Sempat nyangkut di pohon angsana, baru jatuh ke trotoar," kata Eko Suryanto, warga yang menjadi saksi mata kejadian di SPBU Palmerah Barat, Jakarta Selatan, Kamis (26/4/2012) siang.

Ia menerangkan, kejadian tersebut berlangsung cepat. Sebelumnya, ia melihat dua pekerja berada di sekitar mulut lubang tangki bensin bawah tanah. Saimin kemudian masuk ke dalam lubang untuk mengelas pipa penutup tangki. Sementara rekannya, Deden Rohana, menunggu di tepi lubang.

"Hanya beberapa detik sudah meledak. Dia mental jauh. Wajahnya hancur enggak jelas," jelas Eko, yang menambahkan bahwa kondisi korban sangat mengenaskan.

Jarak antara mulut lubang tangki ke jalan sekitar 3-4 meter. Sementara jarak ke pohon angsana sekitar 6 meter. Saimin diperkirakan mental hingga belasan meter. Ia sempat tersangkut di dahan sebelum jatuh ke tanah bersama beberapa dahan lain. Sedangkan bajunya tetap tersangkut di dahan lainnya, sebelum diturunkan petugas Damkar PB yang datang beberapa saat kemudian.

Tidak hanya korban, pipa penutup tangki yang beratnya puluhan kilogram dan berdiameter belasan sentimeter juga ikut terpental hingga ke seberang jalan. Selain Saimin, korban lainnya adalah Deden Rohana yang mengalami luka bakar cukup parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com