Pertamina Akan Tambah Empat SPBU BBM Nonsubsidi

Kompas.com - 27/04/2012, 14:13 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina akan terus menambah jumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) khusus BBM nonsubsidi di wilayah Jabodetabek. Dalam satu bulan ke depan, ada lima SPBU untuk BBM nonsubsidi di daerah elit.

Demikian dikatakan Direktur Niaga dan Pemasaran PT Pertamina (Persero) Hanung Budya, dalam peresmian pengoperasian SPBU milik Pertamina yang khusus menjual BBM nonsubsidi, Jumat (27/4/2012), di Jakarta.

"Satu bulan ke depan akan ada 4 SPBU nonsubsidi di sejumlah daerah elit di Jabodetabek. BBM bersubsidi hanya untuk masyarakat kurang mampu. Kalau tinggal di perumahan elit, masih beli BBM bersubsidi, harusnya malu," kata dia menegaskan.

"Kami tidak menargetkan volume besar. Tetapi ini inisiatif untuk membangun SPBU khusus BBM nonsubsidi. Targetnya, belum bisa hitung tetapi diharapkan akan makin banyak SPBU nonsubsidi, utamanya di Jabodetabek, kota besar non Jakarta, dan daerah mampu," katanya

"Jumlah SPBU diupayakan secara maksimal, dengan mendorong pengusaha agar salah satu SPBU diubah jadi BBM nonsubsidi," tambahnya.

Tahap berikutnya, Pertamina akan memperluas SPBU BBM nonsubsidi ke kota besar luar Jabodetabek, dan masuk ke wilayah pemukiman golongan masyarakat mampu.

"Ini akan kami lakukan secara konsisten. Pengendalian BBM intinya kombinasi produk, kebijakan harga, dan regionalisasi. Banyak opsi lain yang bisa dilakukan dan akan dipertimbangkan Pertamina," kata dia.

Strategi yang sedang dibahas antara lain, mengeluarkan produk baru dengan harga di antara premium dan pertamax serta regionalisasi. "Ini masih kami bahas, mudah-mudahan bisa dilakukan dalam waktu dekat," ujarnya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X