Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Tiket KA Nyaris Habis

Kompas.com - 15/05/2012, 20:29 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang hari libur nasional kenaikan Isa Almasih dan libur bersama, pemesanan tiket kereta api melonjak.

Di PT Kerata Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta, tiket kereta api untuk keberangkatan hari Minggu (20/5/2012) habis terjual, sementara untuk hari Jumat (18/5/2012) dan Sabtu (19/5/2012) sekitar 90 persen tiket sudah habis dipesan.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, Selasa (15/5/2012), mengatakan, para calon penumpang sudah mulai memesan tiket jauh-jauh hari. Apalagi khusus untuk kereta api eksekutif, mereka bisa memesan tiket 90 hari sebelum hari keberangkatan.

"Kami memperkirakan jumlah penumpang yang akan naik kereta api di akhir pekan ini sekitar 9.000 orang hingga 10.000 orang setiap hari," ujarnya.

Apabila jumlah penumpang terus bertambah, PT KAI akan memaksimalkan jumlah rangkaian gerbong, khususnya untuk kereta api eksekutif. Sementara itu, jumlah rangkaian gerbong k ereta api ekonomi hanya maksimal enam gerbong setiap rangkaian karena disesuaikan dengan anggaran public service obligation (PSO) dari pemerintah.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com