Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Investasi Bodong Nekat Gelapkan Mobil Kredit

Kompas.com - 18/06/2012, 16:52 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR.KOMPAS.com - Salah seorang korban penipuan investasi bodong PT Balicon ditangkap polisi karena menggelapkan mobil yang ia beli secara kredit dari PT Magna Finance. Pelaku berinisial PW menggadaikan mobil tersebut karena tak laku disewakan.

Awalnya PW membeli Toyota Avanza melalui  perusahaan penyalur kredit untuk ia sewakan. Karena bisnisnya tidak berjalan lancar, ia terpaksa menggadaikan mobil tersebut kepada temannya sebesar Rp 30 juta.

"Dulu dia punya usaha jual beli motor, terus jatuh karena tertipu Balicon. Kemudian dia membeli mobil untuk disewakan, tapi baru sekali bayar kredit mobil itu digadaikan," ujar Panit II Direktorat Reserse Kriminal Umum Ajun Komisaris Maha Putra dalam konferensei pers di Mapolda Bali, Senin (18/06/2012).

PW membeli mobil tersebut seharga Rp 115 juta pada bulan Oktober tahun lalu dengan masa angsuran 48 bulan. Namun, setelah membayar cicilan pertama, PW menghilang dan PT Magna Finance melaporkan peristiwa ini ke polisi. "Kami melakukan penyidikan selama 2 bulan. Kita cari sesuai alamat finance, tapi yang bersangkutan menghindar. Dua bulan penyidikan akhirnya ketemu di kampung halamannya di Buleleng," kata Maha Putra.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 35 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 karena melakukan tindak pidana menghilangkan barang jaminan fidusia dan memberikan keterangan yang menyesatkan. Tersangka diancam kurungan minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun serta denda maksimal mencapai Rp 100 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com