Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Sentuh Posisi Tertinggi

Kompas.com - 28/06/2012, 06:53 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah menyentuh posisi tertinggi selama satu minggu, menyusul adanya laporan kenaikan permintaan barang tahan lama di Amerika Serikat. Ini menandakan ekonomi AS kembali pulih sehingga mengikis kekhawatiran permintaan minyak akan turun.

Harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate untuk pengantaran Agustus naik 85 sen menjadi 80,21 Dolar AS per barrel di New York Mercantile Exchange, Rabu (27/6/2012) waktu setempat. Sementara harga minyak mentah jenis Brent untuk penetapan Agustus juga naik 48 sen, atau 0,5 %, menjadi 93,50 Dolar AS per barrel di ICE Futures Europe Exchange, London.

Departemen Perdagangan AS melaporkan adanya kenaikan permintaan barang tahan lama melebihi perkiraan pada Mei lalu. Permintaan naik 1,1 %, sedangkan perkiraan Bloomberg hanya 0,5 %. Ini kenaikan pertama dalam tiga bulan terakhir. Sementara itu, menurut National Association of Realtors, pembelian rumah bekas di AS lebih banyak dari perkiraan pada bulan lalu.

"Angka (permintaan) barang tahan lama memberikan pertanda bagi pasar, bahwa keadaan tidak terlalu buruk, minimal di AS," sebut Phil Flynn, analis pasar senior Price Futures Group, di Chicago.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com