Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamenkeu: IMF dan Bank Dunia adalah Bagian dari Indonesia

Kompas.com - 12/07/2012, 19:43 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia bukan hanya anggota pengutang dari Bank Dunia maupun Dana Moneter Internasional (IMF), melainkan kedua lembaga tersebut juga merupakan bagian dari Indonesia sendiri.

Ini berkaitan dengan kemampuan Indonesia yang ia anggap mampu memberikan pinjaman sebesar 1 miliar dollar AS ke IMF guna membantu krisis di Eropa dan Amerika.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Keuangan RI Mahendra Siregar pada diskusi umum bersama jajaran pejabat Bank Dunia di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis.

"Ketika berbicara dengan IMF dan Borld Bank, kita tidak hanya berbicara sebagai member-nya IMF maupun World Bank, melainkan mereka adalah bagiian dari kita juga. Kalau kamu (IMF dan World Bank) perlu uang, kita akan memberikannya kepada World Bank dan IMF. Kita bukan lagi Indonesia yang sama pada 10 tahun silam," kata Mahendra Siregar, Kamis (12/7/2012).

Dirinya optimistis, kini Indonesia sudah mampu mengemban berbagai tanggung jawab baru dalam urusan ekonomi internasional.

"Mengimplikasikan juga bahwa peran baru Indonesia akan terus menguat. Ini adalah situasi yang harus kita tanamkan. Harus kita lihat sebagai model ketika mengantisipasi World Trade scenario," tutur Mahendra.

Ia pun juga mengatakan, urusan pendanaan dalam negeri sendiri, pemerintah pun turut memperhatikannya. Terutama dalam hal pembangunan infrastruktur daerah.

"Dalam APBN 2012, kita juga sudah menyiapkan dana yang cukup untuk pembangunan infrastruktur. Pada revisi April 2012, kami telah menaikkannya dengan Rp 4 triliun untuk mendukung infrastruktur di wilayah Indonesia timur," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com