Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Minta Merpati Terbang ke Bintang

Kompas.com - 19/07/2012, 14:21 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menginginkan agar maskapai Merpati Nusantara Airline (MNA) untuk terbang ke Pegunungan Bintang, Papua. Hal itu disebabkan tidak ada pesawat yang terbang ke sana selama empat bulan terakhir.

"Dulu cuma ada Pelita Air yang terbang ke sana. Tapi empat bulan terakhir, sudah tidak ada lagi pesawat yang ke sana. Saya minta Merpati untuk bisa terbang ke Pegunungan Bintang Papua," kata Dahlan saat membuka penandatanganan kerjasama MNA dengan PT Dirgantara Indonesia di Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Di Pegunungan Bintang, ada bandara yang dibangun di area perbatasan antara Papua dan Papua Nugini. Sejak dulu, bandara ini selalu dijadikan landasan bagi penerbangan perintis di wilayah Papua. Pelita Air sempat menjadi maskapai yang melakukan penerbangan di daerah tersebut. Namun karena penerbangan ini menaikkan harga tiket dari semula Rp 1 juta menjadi Rp 2,5 juta sekali jalan, maka banyak warga dan pemerintah daerah yang tidak mau menggunakan layanan tersebut.

"Pemda dan Pelita Air sempat ngobrol soal tiket ini, karena tidak sepakat maka Pelita Air menghentikan penerbangan di sana. Kami minta Merpati bisa terbang ke sana dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal," katanya.

Memang untuk memutuskan penjualan harga tiket pesawat yang murah ini bukanlah perkara gampang bagi Merpati. Selain dirundung utang, maskapai pelat merah ini dituntut untuk bisa meningkatkan kinerja bisnisnya dan bersaing dengan maskapai lain. "Saya tahu ini bagi Merpati sangat sulit, tapi di sana (Papua) lebih sulit lagi," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com