Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina EP-Axis Sambidoyong Energi Jalin Kerja Sama

Kompas.com - 26/07/2012, 20:23 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina EP bekerja sama dengan PT Axis Sambidoyong untuk menggarap lapangan produksi Sambidoyong. Kerja sama itu akan berlangsung dalam jangka waktu 15 tahun.

Presiden Direktur PT Pertamina EP, Syamsu Alam, dan Direktur PT Axis Sambidoyong Energi, Ade Sandra Matondang, menandatangani Kerja Sama Operasi (KSO) lapangan produksi Sambidoyong di Jakarta, Kamis (26/7/2012).

KSO antara PT Pertamina EP dan PT Axis Sambidoyong Energi berlangsung selama 15 tahun. 

Optimalisasi produksi di wilayah kerja Pertamina EP, utamanya dilaksanakan dalam pola pengelolaan operasi sendiri (own operation). Sedangkan pengelolaan di beberapa wilayah kerja lain, Pertamina EP menjalin kerja sama dengan mitra dalam bentuk Kerja Sama Operasi (KSO). 

Melalui KSO produksi ini, PT Axis Sambidoyong Energi diharapkan dapat bersinergi dengan Pertamina EP. Hal ini untuk mengoptimalkan produksi migas di area Operasi Sambidoyong yang dikerjasamakan. 

Area Operasi Sambidoyong terletak sekitar 180 kilometer dari Jakarta dan memiliki luas sekitar 16,5 kilometer persegi. Area operasi migas ini berlokasi di wilayah Indramayu, Jawa Barat. 

Sejauh ini, Pertamina EP telah melaksanakan KSO dengan 6 KSO Eksplorasi, 13 KSO Produksi, dan 3 KSO Produksi-Water Flooding (Enhanced Oil Recovery). Secara keseluruhan, KSO itu memberi kontribusi produksi berkisar 3-4 persen terhadap total produksi Pertamina EP.

PT Pertamina EP merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero), yang melaksanakan kegiatan operasi hulu migas di Indonesia. Sementara PT Axis Sambidoyong Energi (ASE) adalah anak perusahaan dari Fountain Energy Corp (FEC) asal Korea Selatan, dengan fokus bisnis di bidang investasi dan manajemen proyek-proyek migas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com