Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT PP Menangkan Tender Kontruksi New Priok

Kompas.com - 05/08/2012, 18:46 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) mengumumkan bahwa lelang konstruksi pembangunan Terminal Kalibaru (New Priok) dimenangkan oleh PT PP (Persero).

"Menindaklanjuti Perpres No 36 Tahun 2012 mengenai penugasan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) untuk Membangun dan Mengoperasikan Terminal Kalibaru Pelabuhan Tanjung Priok, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) pada Jumat, 3 Agustus 2012, mengumumkan bahwa lelang konstruksi pembangunan Terminal Kalibaru (New Priok) dimenangkan oleh PT PP (Persero)," sebut Sekretaris Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Rima Novianti dalam siaran pers, Minggu (5/8/2012).

Namun demikian, penetapan pemenang baru akan dilakukan pada 10 Agustus 2012. Tepatnya setelah seluruh proses pengadaan selesai, termasuk apabila terdapat sanggahan dari pihak yang tidak memenangkan tender.

Penandatanganan kontrak antara IPC dan PT PP baru akan dilakukan setelah Perjanjian Konsesi ditandatangani antara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan IPC. IPC pun berharap surat konsesi segera dikeluarkan Dirjen Hubla sehingga perusahaan bersama pemenang tender dapat segera memulai proses pembangunan terminal tahap 1.

"Meski saat ini mengalami keterlambatan pembangunan akibat belum keluarnya surat konsesi, IPC tetap optimis bahwa terminal 1 tahap 1 akan selesai pada 2014," sambung Rima.

Seperti diberitakan, IPC telah memulai proses pelelangan konstruksi New Priok sejak 2011 sambil menunggu keluarnya izin pembangunan dan operasional dari Pemerintah. Hal ini dilakukan semata untuk mempercepat proses pembangunan dan operasional New Priok, serta sesuai dengan amanat Perpres No.36 Tahun 2012 bahwa IPC wajib menyelesaikan pembangunan pertama New Priok pada 2014.

Pembangunan New Priok dilakukan sebagai antisipasi peningkatan trafik barang di Pelabuhan Tanjung Priok yang melonjak tiap tahunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com