Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Tiga Hal Ini Harus Diwaspadai

Kompas.com - 08/08/2012, 14:52 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyambut baik pertumbuhan ekonomi sebesar 6,4 persen pada kuartal II-2012. Namun, ia melihat ada tiga hal yang perlu diwaspadai.

"Saya ingin wanti-wanti kepada tiga hal yang pertama, jangan kita lengah melihat investasi yang tinggi," sebut Hatta, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Menurut dia, pertumbuhan investasi yang tinggi perlu jadi perhatian. Yang diperhatikan yakni apakah industri-industri yang sekarang banyak dibangun telah menggunakan bahan baku lokal. Bila bahan baku impor yang digunakan maka itu akan memukul neraca pembayaran nasional.

Terhadap hal ini, Hatta mengaku telah berbicara dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mencermati agar investasi yang masuk betul-betul mengupayakan sumber daya dari dalam negeri. "Sebab, kalau investasi tinggi tapi tidak dicermati, dibarengi dengan meningkatnya komponen impor maka balance of trade (neraca perdagangan) kita menjadi kedodoran, defisit perdagangan kita kedodoran," tambahnya.

Hal kedua yang perlu diwaspadai adalah kekuatan pasar domestik. Hal ini harus dijaga. Pasar domestik harus juga diisi oleh produk industri dalam negeri. Inflasi pun harus dikendalikan dan impor ditekan agar tidak terlalu besar demi menjaga kekuatan pasar domestik.

Ketiga, ekspansi investasi harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur. Bila tidak, stagnasi akan terjadi. "Kalau infrastruktur mengerem atau melambat maka melambatlah investasinya," tandas Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com