Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai Tertahan, "Ferrari" Diambil Setelah Lebaran

Kompas.com - 09/08/2012, 11:34 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan rencananya akan mengambil mobil listrik sekelas Ferrari dalam tiga hari ke depan. Namun, karena akhir pekan ini Dahlan akan umrah, maka mobil listrik ini akan diambil setelah Lebaran.

"Kemarin baterainya tertahan di pelabuhan, sekarang baru bisa diambil dan harus dibawa ke Yogyakarta. Dalam tiga hari ke depan mestinya sudah bisa diambil, tapi karena mau umrah, jadi ambilnya setelah umrah saja," kata Dahlan di Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (9/8/2012).

Sekadar catatan, Dahlan Iskan beserta keluarga akan umrah ke Mekkah mulai 10 Agustus 2012 hingga 22 Agustus 2012. Dahlan menginginkan bisa menikmati 10 hari terakhir bulan Ramadhan di Mekkah dan sekaligus ber-Lebaran di sana.

Saat ini, mobil listrik sekelas Ferrari ini sedang diproduksi di Yogyakarta. Mobil listrik sekelas Ferrari ini akan memiliki sejumlah fitur teknologi kelas atas (high end).

Dahlan menambahkan, saat ini mobil listrik seri kedua setelah versi Ahmadi ini sedang dalam tahap pemasangan baterai listrik. Masalahnya, baterai ini diimpor langsung dari Amerika Serikat.

Sepekan lalu, baterainya masih tertahan di pelabuhan karena masalah administrasi. Agar harga mobil nantinya bisa ditekan, Dahlan menginginkan agar baterai untuk mobil atau motor listrik bisa diproduksi di dalam negeri.

Sebelumnya, Dahlan Iskan telah mengunjungi PT Nipress Tbk yang berlokasi di Cileungsi, Bogor. Kunjungan itu untuk membicarakan kesiapan Nipress dalam pembuatan baterai untuk memasok kebutuhan tenaga penggerak mobil listrik nasional.

Nipress, sebut Dahlan, sudah menyatakan kesiapannya untuk memasok komponen baterai yang akan dipasang di mobil listrik. Dalam pembicaraan itu, Nipress menyatakan mampu memproduksi baterai jenis Lithium Forre Phosphat.  

Saat ini, investasi mobil listrik nasional diperkirakan menelan dana sebesar Rp 5 triliun. Ada empat varian kendaraan yang akan menggunakan energi listrik tersebut, yaitu kendaraan sekelas Suzuki Carry, sejenis Toyota Avanza, sekelas Honda Jazz, serta Mercedes-Benz. "Mei tahun depan, Nipress diharapkan bisa memproduksi baterai Lithium tersebut," jelasnya.

Sekadar informasi, mobil listrik sekelas Ferrari ini memang dibanderol cukup mahal, yaitu Rp 1,5 miliar per unit. Sampai saat ini sudah 40 unit dipesan, termasuk pesanan milik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil listrik di Yogyakarta ini dirakit oleh Danet Suryatama. Insinyur lulusan ITS dengan gelar doktor dari Michigan, AS, ini sudah lebih dari 10 tahun menjadi engineer di pabrik mobil AS.

Saat ini, prototipe mobil listrik sport itu sudah dibuat. Prototipe mobil listrik itu akan diperkenalkan pada Agustus mendatang dan mulai diproduksi secara massal pada awal 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com