Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Pertamina Sebarkan Satgas Penyedia Elpiji

Kompas.com - 14/08/2012, 19:53 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -- Pertamina Fuel Retail Marketing (FRM) Region VII Sulawesi memprediksi konsumsi Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau elpiji meningkat menjelang Lebaran tahun ini. Karenanya, Pertamina bakal menambah pasokan gas dan menyebarkan satuan tugas (Satgas) untuk menyediakan gas bagi masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan General Manager Pertamina FRM Region VII Sulawesi Adi Nugroho saat menggelar konfrensi pers di kantornya di Jalan Rajawali, Makassar, Selasa (14/08/2012). Dengan begitu, pihaknya telah mengantisipasi dengan mendistribusikan LPG sebelum Hari Raya Idul Fitri ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan pangkalan.

"Pertamina melakukan penambahan jam kerja Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE) rata-rata 2 jam per hari. Bila dimungkinkan, SPPBE tetap melakukan pelayanan pengisian pada hari minggu, yakni Lebaran tanggal 19 Agustus. Jelas kami menjamin ketersediaan buffer stock LPG di SPPBE khususnya 3 Kg," kata Adi.

Dia menambahkan, pihak Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) sebagai salah satu langkah antisipasi peningkatan konsumsi gas di masyarakat. Satgas inilah nantinya akan menyiagakan skid tank LPG SPPEK di sejumlah daerah. Satgas yang dibentuk ini mulai bertugas H-14 hingga H+14 Lebaran atau sejak 6 Agustus - 4 September 2012.

Satgas ini tersebar di beberapa titik, seperti di Kantor Unit Pertamina Jalan Garuda Makassar, Kantor Cabang Manado, dan seluruh terminal BBM/DPPU yang ada di wilayah pemasaran region Sulawesi.

"Diimbau kepada semua agen LPG dan pangkalan untuk meningkatkan buffer stock dan menambah outlet SPBU untuk tempat penjualan LPG 12 KG dan 3 KG untuk daerah terkonversi. Jadi masyarakat jika tidak menemukan LPG di pangkalan, bisa membeli di SPBU terdekat," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com