Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Global Positif, Rupiah Siap Menguat Tipis

Kompas.com - 03/09/2012, 08:54 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Berita positif pada akhir pekan lalu di pasar keuangan global akan berhadapan dengan pelambatan perekonomian China. Variatifnya sentimen ini diperkirakan dapat mengangkat nilai tukar rupiah, sekalipun tipis sifatnya pada Senin (3/9/2012).

Pada penutupan perdagangan pekan lalu, nilai tukar rupiah menguat, ditutup di Rp 9.572 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg). Bursa Asia ditutup variatif, tetapi bursa Indonesia (IHSG) naik 0,86 persen menjadi 4.060,33.

Sementara itu harga minyak mentah ditutup naik. Harga Brent menjadi 114,46 dollar AS per barrel, sedangkan harga WTI menjadi 96,47 dollar AS per barrel. Pasar global ditutup menguat pada perdagangan minggu lalu. Sentimen pasar Asia kemungkinan positif memfaktorkan kemungkinan quantitative easing ketiga, tetapi tidak terlalu signifikan karena kekawatiran terhadap ekonomi China yang memburuk.

"Untuk rupiah, kami perkirakan ada peluang penguatan rupiah menuju kisaran Rp 9.550-Rp 9.570 per dollar AS," kata ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com