Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan dan Inovasi Agenda APEC

Kompas.com - 04/09/2012, 04:55 WIB

Vladivostok, Kompas - Inovasi dan pertumbuhan akan menjadi agenda utama yang bakal dibahas dalam pertemuan tingkat para pemimpin dari 21 kelompok ekonomi forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) yang berlangsung di Vladivostok, Rusia, 8-9 September. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan ikut hadir dalam pertemuan puncak pemimpin APEC ini.

Wartawan Kompas Pieter P Gero dari Vladivostok, Senin (3/9), melaporkan, agenda inovasi dan pertumbuhan ini sudah disepakati dalam pertemuan pejabat senior (senior official meeting/SOM) APEC yang berakhir Senin.

Konklusi dari para pejabat SOM ini nantinya akan diajukan ke pejabat tingkat menteri anggota ekonomi APEC dan selanjutnya akan diputuskan pada pertemuan para pemimpin APEC mendatang. Hasil dari SOM ini akan dimatangkan dalam pertemuan tingkat menteri pada 5-6 September sebelum pertemuan puncak APEC.

Pihak SOM dalam keterangan pers kepada wartawan di Vladivostok menegaskan, inovasi dan pertumbuhan ini menjadi prioritas untuk memperkuat perdagangan dan kemakmuran di kawasan Asia Pasifik dan memperkuat posisi kawasan ini sebagai pendorong bagi pertumbuhan ekonomi global.

Pertemuan para pemimpin ekonomi APEC 2012 yang dipimpin Presiden Rusia Vladimir Putin. Para pemimpin ekonomi APEC dan pejabat tingkat menteri akan mempertimbangkan hasil kerja yang akan dicetuskan dari Vladivostok ini.

Presiden Putin selaku tuan rumah menekankan, prioritas dari pertemuan ini untuk memperkuat perdagangan dan investasi serta integrasi ekonomi, rantai pasokan, keamanan pangan, dan inovasi.

Dalam keterangannya, pihak SOM menegaskan bahwa keputusan mereka ini diambil setelah melakukan evaluasi atas sejumlah pencapaian kunci APEC pada tahun ini. Pencapaian ini termasuk kemajuan yang telah dilakukan untuk memenuhi seruan para pemimpin APEC untuk dikembangkan pada 2012.

”Anggota APEC dan pemangku kepentingan telah melanjutkan pekerjaan intensif menyangkut perdagangan generasi mendatang dan isu-isu investasi guna menghasilkan sumbangsih yang nyata dan spesifik tahun 2012 ini,” ujar Igor Morgulov, Ketua SOM APEC 2012 yang juga Deputi Menteri Luar Negeri Rusia.

”Hasil ini merupakan suatu hal yang krusial bagi peningkatan peluang bagi kalangan bisnis dan pekerja dengan memfasilitasi rantai pasokan, membantu usaha kecil dan menengah, serta mendorong efektivitas, nondiskriminasi, dan kebijakan inovasi yang mendorong pasar,” ujar Igor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com