Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Listrik Naik Sumbang Inflasi 0,25 Persen

Kompas.com - 10/09/2012, 16:05 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) memperkirakan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 15 persen di tahun depan bakal mengontribusikan inflasi sebesar 0,25 persen. Dengan demikian, kenaikan yang seharusnya dilakukan bertahap itu tidak akan memberatkan masyarakat.

"Kenaikan TDL yang direncanakan naik 15 persen di tahun depan diperkirakan akan menambah inflasi 0,25-0,3 persen," kata Gubernur BI Darmin Nasution selepas Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR Jakarta, Senin (10/9/2012).

Darmin menganggap, kenaikan TDL itu tidak akan memberatkan masyarakat asalkan kenaikan tidak dilakukan per bulan, tetapi secara per tahun. Bila tidak ada rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dan TDL di tahun depan, maka BI akan menetapkan bahwa asumsi inflasi akan tetap 4,8 persen.

"Jika ada kenaikan BBM Rp 1.000, maka inflasi akan ada kenaikan sebesar 0,3 persen," tambahnya.

Sekadar catatan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) memperkirakan akan ada kenaikan TDL sebesar 15 persen secara bertahap pada tahun 2013.

Kenaikan TDL itu merupakan opsi dari rencana jangka pendek pemerintah untuk menurunkan subsidi energi secara nasional. Rencananya, kenaikan TDL akan dilakukan tiap empat bulan dengan kenaikan rata-rata empat persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com