Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentimen dari China Bisa Menekan IHSG

Kompas.com - 13/09/2012, 09:13 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan variatif dengan pengaruh sentimen eksternal pada perdagangan Kamis (13/9/2012).

Sentimen negatif datang dari China yang dapat menekan indeks saham kita. Kondisi di China ini menekan Bursa Asia pagi ini dengan dibuka variatif dengan kecenderungan melemah tipis.

Sentimen positif dari bursa Eropa terkompensasi oleh spekulasi stimulus dari China tidak akan terlalu besar karena justru akan memberikan efek negatif bagi perekonomiannya.

Harga minyak relatif flat di level 97 dollar AS per barrel pagi ini. Riset Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan IHSG akan kembali bergerak mendatar dengan kecenderungan melemah seiring pasar global masih menunggu keputusan stimulus baru dari The Fed.

Pasar domestik hari ini akan mengantisipasi keputusan BI rate dalam Rapat Dewan Gubernur BI serta penetapan suku bunga Fasilitas BI yang diekspektasikan naik untuk mengurangi tekanan nilai tukar Rupiah. Support indeks berada di level 4.150.

Bursa Eropa dan AS kembali ditutup menguat meski relatif tipis semalam, memfaktorkan sentimen positif dari keputusan pengadilan Jerman yang menyetujui partisipasi Jerman dalam injeksi dana siaga European Sability Mechanism senilai 500 miliar Euro. Pasar juga mengantisipasi hasil pertemuan The Federal Open Market Committee dengan ekspektasi pemberian QE3 dan perpanjangan periode suku bunga rendah hingga 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com