Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mudah Jadi Penulis Biografi yang Tak Sempit

Kompas.com - 13/09/2012, 13:29 WIB
Tri Agung Kristanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penulisan biografi seorang tokoh semestinya bukan hanya untuk kepentingan tokoh itu, melainkan juga untuk kepentingan khalayak. Karena itu, memang tidak mudah menjadi penulis biografi (biograf) yang tidak jumud atau tidak sempit, beku, fanatik yang tidak proporsional, dan statis.

Pandangan itu disampaikan oleh dosen Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, yang juga biograf, Ana Nadya Abrar, dalam diskusi "Berbagi Pengalaman Menulis Biografi" di Gedung Kompas-Gramedia, Jakarta, Kamis (13/9/2012).

Perbincangan yang digelar Penerbit Buku Kompas (PBK) itu menampilkan pula sejarawan Asvi Warman Adam sebagai narasumber dan dipandu oleh penulis Riris K Toha Sarumpaet.

Abrar mengingatkan, ketika biograf hanya bekerja untuk kepentingan tokoh yang ditulisnya, biografi itu hanya menjadi komoditas. Dengan memasukkan kepentingan khalayak, biograf menjadikan karyanya mempunyai fungsi sosial, dan pada gilirannya bisa menghasilkan inspirasi bagi khalayak.

"Dalam menulis siapa sesungguhnya sang tokoh, biograf biasanya mengamalkan petuah, 'to probe the unknown and to reveal the unseen' (memastikan yang belum diketahui khalayak dan mengungkapkan yang belum terlihat). Karena itu, biograf juga harus punya data penelitian," papar Abrar.

Abrar menegaskan, pertanggungjawaban biograf yang pertama tentu saja terhadap kebenaran fakta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com