Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Pilih Material Kamar Mandi!

Kompas.com - 16/09/2012, 17:46 WIB

KOMPAS.com - Walaupun sering diabaikan, kamar mandi adalah salah satu ruang terpenting di rumah. Fungsinya tidak tergantikan oleh ruang mana pun.

Saat ini tersedia banyak sekali material yang dapat digunakan untuk membuat atau merenovasi kamar mandi. Namun, materiaI-material itu harus diperhatikan agar kamar mandi bisa berfungsi secara optimal.

Lantai

Kriteria memilih material lantai adalah yang permukaannya tidak licin, kuat, mudah dibersihkan, serta tahan terhadap bahan kimia. Pilihan bahannya bisa cat lantai, keramik, batu alam (marmer, granit, dan sejenisnya), atau bahan vinil. 

Selain bahan, pemasangan lantai perlu diperhatikan. Kemiringan lantai yang disarankan adalah 1 persen dari panjang dan lebar lantai.

Dinding

Pelapis dinding dipilih dari bahan yang mudah dicuci dan tahan air sehingga mudah dibersihkan. Bahan yang dapat digunakan antara lain cat jenis water proofing, keramik, batu alam, atau partisi pembatas yang dilaminasi dan tahan air.

Sebagai alternatif, bahan dinding yang lebih murah bisa digunakan dinding batako yang dilapis cat tahan air. Pilihan warna terang pada dinding akan sangat memudahkan dalam mengontrol kebersihannya.

Pintu

Mengingat kegiatan di toilet akan intensif menggunakan air, pilihan bahan pintu dan kusen pun sebaiknya terbuat dari bahan yang tahan air, ringan, dan mudah dibersihkan. Bahan yang disarankan antara lain pintu dan kusen PVC, kusen aluminium, daun pintu dari lembaran aluminium/seng atau lembaran fiber, atau pintu yang dilaminasi.

Ketinggian pintu dari lantai harus mempunyai ambang lebih tinggi dari biasanya (jenis pintu-pintu lainnya). Jika tak ada kendala terkait luasan ruang, sebaiknya daun pintu dipasang di sebelah kanan dan membuka ke dalam (untuk menghindari benturan dengan aktivitas di luar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com