Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas...Cermati "Shower Curb" di Kamar Mandi Kering!

Kompas.com - 24/09/2012, 13:35 WIB

KOMPAS.com - Memiliki kamar mandi kering berarti setidaknya Anda memiliki dua area terpisah dalam kamar mandi. Hal terpenting membangun kamar mandi jenis ini tentunya adalah pemisah antara area basah dan area kering.

Selain itu, tentu, air di area basah sekalipun tidak sempat menggenang. Batasan ini disebut juga dengan shower curb.

Ada baiknya shower curb tidak lebih tinggi dari undakan anak tangga Anda. Posisi shower curb harus cukup rendah untuk dilangkahi dan tidak tampak mencolok, namun cukup tinggi untuk menjaga air tidak keluar dari area pancuran. Berikut ini beberapa tips membuat shower curb bagi Anda yang ingin membangun kamar mandi kering di rumah:

Miring ke arah pancuran

Posisi shower curb sebaiknya dibuat sedikit miring dan menghadap ke arah pancuran. Maksud hal ini agar air pancuran dapat terkuras dengan sempurna.

Jika Anda menggunakan batu alami, hindari mengebor engsel pintu kaca pada shower curb. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran. Jika tidak memiliki alternatif lain, pastikan Anda mengebor hanya melewati ubin, dan bukan bagian antiair dari shower curb tersebut.

Terbuat dari batu solid

Batu solid adalah sentuhan cantik untuk bathtub, meja kecil di sisi pancuran, dan shower curb. Shower curb tanpa nat atau memiliki hanya sedikit nat dapat membuat area basah mudah dibersihkan.

Selain itu, harus dipastikan shower curb terpasang dengan baik. Mintalah kontraktor Anda membawa shower curb dari batu solid ini, bahkan sebelum waktu pemasangan. Ini sebaiknya dilakukan hanya untuk memastikan, bahwa shower curb terpasang dengan sempurna.

Bahaya kecelakaan

Shower curb dapat menyebabkan Anda terpeleset. Untuk itu, usahakan Anda menggunakan warna berbeda antara shower curb dan lantai kamar mandi. Kalau memungkinkan, gunakan warna dengan perbedaan mencolok. Selain warna berbeda, pastikan juga Anda tidak meninggalkan siku-siku tajam di kamar mandi Anda. Pastikan juga setiap sudut Anda poles untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan.

(Sumber: http://www.houzz.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com