Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Masih dalam Masa Tertekan

Kompas.com - 03/10/2012, 11:06 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah atas dollar AS pada perdagangan Rabu (3/10/2012) ini diperkirakan masih akan tertekan. Sentimen negatif dari pasar global menggelayuti pergerakan mata uang rupiah.

Pada perdagangan kemarin, rupiah ditutup melorot di level Rp 9.580 per dollar AS, sedangkan saat dibuka di level Rp 9.575. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp 9.575-Rp 9.590 per dollar AS.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang ditutup menguat, ternyata belum dapat menopang rupiah pada penutupan sore hari.

Tim riset BNI Treasury memperkirakan, tekanan masih akan mewarnai perjalanan rupiah hari ini.

Di NDF satu bulan pasar offshore pagi ini rupiah dibuka sedikit menguat di level Rp 9.620-9.630 per dollar AS. Hal ini diharapkan dapat mengurangi tekanan dollar AS terhadap rupiah hari ini.

Namun, rilis data penjualan kendaraan di AS semalam di mana lebih baik dari ekspektasi (14,88 juta vs 14,50 juta) diperkirakan menambah tekanan dollar AS atas rupiah.

Meningkatnya cadangan devisa Bank Indonesia di bulan September dibanding bulan Agustus diharapkan menjadi kekuatan sentral bank untuk mengawal kestabilan nilai rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com