Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pukul 12.00, Rombongan Buruh Tiba di Kemnakertrans

Kompas.com - 03/10/2012, 13:18 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rombongan buruh yang berencana menggelar aksi unjuk rasa di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi akhirnya mulai berdatangan. Rombongan pertama tiba di kantor yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, itu tepat pukul 12.00 WIB.

"Kami dari PPMI (Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia). Tadi yang kumpul di Kalideres (Jakbar) jumlahnya 120 orang," kata Joko, salah seorang pengunjuk rasa, saat ditemui Kompas.com di depan Kantor Kemenakertrans, Kuningan, Rabu (3/10/2012) siang.

Rombongan tiba dengan menumpang beberapa metromini. Oleh petugas keamanan yang dipimpin Kabag Operasi Polres Metro Jakarta Selatan ajun Komisaris Besar Yossie Priyambodo, rombongan tersebut langsung diarahkan masuk ke kompleks perparkiran Kemnakertrans. Rombongan tidak langsung menggelar aksi. Setelah turun dari kendaraan, rombongan langsung bergerak menuju masjid di kompleks kementerian untuk menunaikan shalat dzuhur.

Menurut Joko, tuntutan yang hendak disampaikan masih sama. Dua tuntutan utama, yakni penghapusan sistem outsourcing dan penetapan upah minimum yang layak. Petugas keamanan telah bersiaga sejak pagi di sekitar kompleks kementerian. Di lokasi tersebut juga terlihat tiga ambulans bersiaga mengantisipasi kemungkinan jatuhnya korban.

Berita terkait dapat diikuti di topik: Demo Buruh Tolak "Outsourcing"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com