Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Blokade Pertamina Jatibarang

Kompas.com - 04/10/2012, 22:02 WIB

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Aksi mogok para buruh alih daya di Pertamina EP field Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat sejak Rabu (3/10/2012) hingga Kamis (4/1/2012) hari ini masih berlangsung. Bahkan dikabarkan, para buruh outsourcing ini memblokade pintu gerbang masuk kawasan Pertamina EP Jatibarang dengan menjejerkan 8 unit truk trailer.

"Para buruh outsourcing ini menyabotase kendaraan berat milik Pertamina. Hingga sekarang truk itu masih menghalangi pintu masuk," jelas salah seorang sekuriti Pertamina EP Jatibarang kepada Kompas.com, Kamis (4/1/2012).

Menurutnya, aksi yang dilakukan sekitar 900 buruh alih daya itu merupakan buntut dari kekecewaan buruh terhadap perusahaan tersebut yang belum juga menghapus sistem outsourcing. Menurutnya, tuntutan tersebut sudah dihembuskan pada awal Juli lalu. Namun hingga sekarang tuntutan itu belum juga direalisasikan oleh Pertamina.

Akibat blokade gerbang masuk Pertamina EP Jatibarang, lanjut sumber itu, pasokan bahan bakar ke Balongan di Jawa Barat terganggu. Pasalnya, kompresor dimatikan yang menyebabkan pasokan gas ke sumur-sumur minyak terhenti.

Salah seorang petugas di Polres Indramayu menambahkan, 8 unit truk trailer yang dipakai untuk memblokade pintu gerbang masuk, bannya sudah digembosi, dan kunci diambil pendemo.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Pertamina EP Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, terkait aksi blokade ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com