Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elpiji 3 Kg Langka, Warga Harus Beli Rp 25.000

Kompas.com - 22/11/2012, 10:42 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

 

MANADO, KOMPAS.com - Sudah lebih dari dua pekan warga di Kota Bitung, Sulawesi Utara, mengeluhkan kelangkaan elpiji  3 kilogram. Para ibu rumah tangga merasa kesulitan memasak di dapur sendiri karena sulitnya memperoleh gas elpiji tersebut.

Sonny, warga Bitung yang ditemui Kompas.com di Terminal Paal Dua Manado, Kamis (22/11/2012) mengakui harus datang ke Manado untuk mencari gas LPG. "Saya harus datang di Manado untuk membeli gas elpiji. Di Bitung susah dicari, hampir semua penjual gas bilang kosong," ujarnya dengan nada kesal.

Sonny juga menjelaskan kalaupun elpiji 3 kilogram ada di Bitung, dia harus membayar lebih mahal dari harga normal. "Kami harus beli Rp 25.000 per tabung, padahal biasanya cuma Rp16.000," kata Sonny.

Sementara itu Pemkot Bitung berjanji untuk membahas permasalah kelangkaan gas elpiji 3 kilogram pekan depan. Sesuai dengan Edaran Kementerian ESDM harga pangkalan gas elpiji 3 kilogram Rp11.550, sementara harga jual ke konsumen, sesuai penetapan Gubernur Sulut, seharga Rp 15.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com