Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andalkan Komoditas Mentah, Ekspor Indonesia Anjlok

Kompas.com - 04/12/2012, 23:06 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi ekspor Indonesia dinilai hanya mengandalkan komoditas mentah semata. Ini menyebabkan ekspor Indonesia anjlok.

"Kita masih mengandalkan ekspor komoditas mentah. Padahal harga komoditas mentah banyak yang turun karena krisis. Ini yang menyebabkan ekspor turun," kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (4/12/2012).

Menurut Bachrul, cara pandang ekspor seperti itu akan diubah. Ke depan, pemerintah akan berupaya mendorong ekspor barang bernilai tambah.

Kebijakan serupa juga telah dilakukan Kementerian Perdagangan yaitu dengan hilirisasi. Kebijakan ini akan meningkatkan ekspor Indonesia ke depan.

Sebab, sepanjang tahun ini koreksi harga komoditas sudah mencapai 30-40 persen. Menurut Bachrul, sebenarnya komoditas dan produk Indonesia masih tinggi daya saingnya.

Selain itu, jumlah peminatnya juga semakin meningkat di pasar internasional. "Ini terlihat dari peningkatan volume ekspor nonmmigas pada periode Januari-Oktober sebesar 4,1 persen (yoy)," tambahnya.

Penurunan ekspor nonmigas periode Januari-Oktober 2012 ini antara lain disebabkan karena menurunnya ekspor mesin atau peralatan listrik sebesar 2,68 persen (yoy) menjadi 9,1 miliar dollar AS. Karet dan barang dari karet sebesar 28,42 persen menjadi 8,9 miliar dollar AS.

Sementara kertas atau karton sebesar 6,18 persen menjadi 3,3 miliar dollar AS, pakaian jadi bukan rajutan naik 9,5 persen menjadi 3,1 miliar dollar AS, barang-barang rajutan naik 4 persen menjadi 2,8 miliar dollar AS serta barang kimia organik sebesar 26,2 persen menjadi 2,3 miliar dollar AS.

Sekadar catatan, ketidakpastian ekonomi global menyebabkan kinerja ekspor Indonesia menurun 6,2 persen menjadi 158,7 miliar dollar AS sepanjang Januari-Oktober 2012.

Sementara nilai ekspor Indonesia Oktober 2012 mencapai 15,67 miliar dollar AS atau mengalami penurunan sebesar 1,45 persen dibandingkan dengan ekspor September 2012.

Sementara bila dibandingkan dengan Oktober 2011, nilai ekspor mengalami penurunan sebesar 7,61 persen. Ekspor nonmigas Oktober 2012 mencapai 12,68 miliar dollar AS, turun 3,42 persen dibandingkan dengan September 2012, sementara bila dibandingkan dengan ekspor Oktober 2011 turun 8,75 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com