Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta FFI 2012 Diterima Sri Sultan HB X

Kompas.com - 08/12/2012, 16:28 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang pelaksaan Festival Film Indonesia (FFI) 2012, para peserta serta panitia yang didampingi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Mari Elka Pangestu mengikuti kirab FFI dengan menaiki andong (kereta kuda), Sabtu (8/12/2012).

Kirab dimulai dari Hotel Inna Garuda pukul 12.30 WIB melewati Jalan Malioboro dan berakhir di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Peserta kirab sampai di Pagelaran sekitar pukul 13.00 WIB, rombongan peserta kirab FFI 2012 diterima oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk memohon restu. Sultan juga menggelar jamuan makan siang untuk para tamunya.

Dalam sambutannya Gubernur DIY mengatakan menyambut baik dan merasa bangga Yogyakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan penghargaan Festival Film Indonesia 2012. "Film Indonesia harus menjadi tuan di negara sendiri, semoga dengan adanya FFI 2012 ini semakin memacu kreativitas anak bangsa untuk membuat karya film yang mendunia," terangnya.

Hal senada di ungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Mari Elka Pangestu, keistimewaan Yogya diharapkan akan menjadi keistimewaan bagi Festival Film Indonesia 2012. "Semoga pesta insan film ini bisa juga dirasakan juga oleh masyarakat di Yogyakarta," paparnya.

Saat ditanya tentang aktor dan aktris yang dijagokannya untuk merebut Piala Citra malam nanti, Mari Elka memberi jawaban diplomatis. Dia mengatakan, semua aktor dan aktris yang masuk nominasi merupakan yang terbaik.

"Semua yang ada di sini adalah yang terbaik dari terbaik. Jadi saya tidak bisa menjagokan atau mendukung siapa karena semuanya bagus dan terfavorit. Kita lihat saja nanti hasil dari penilaian dewan juri," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com