Kecamatan Cengkareng Kekurangan LPS Sampah

Kompas.com - 10/12/2012, 18:58 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Lokasi Pembuangan Sementara (LPS) resmi yang ada di Kecamatan Cengkareng hanya lima LPS dari enam kelurahan di kecamatan tersebut. Jumlah tersebut sangat kurang mengingat Cengkareng merupakan lahan paling luas dengan penduduk terbanyak di Jakarta Barat.

"Kalau di sini cuma ada lima LPS resmi. Sisanya LPS alternatif (liar). Idealnya di setiap kelurahan punya tiga LPS resmi. Jadi hitungan kasarnya, Cengkareng paling enggak butuh 18 LPS untuk buang sampah," kata Camat Cengkareng Junaidi di Cengkareng, Senin (10/12/2012).

Ia menambahkan, Kecamatan Cengkareng yang memiliki luas lahan 12.654 hektar, terdiri dari 467.000 penduduk dengan 165.000 kartu keluarga cukup kualahan dengan volume sampah yang terus meningkat. Sarana LPS yang disediakan oleh dinas kebersihan tidak cukup untuk menampung sampah tersebut.

Untuk saat ini, kata Junaidi, baru dua kelurahan yang memiliki LPS resmi yaitu tiga LPS di Duri Kosambi dan dua LPS di Cengkareng Timur. Sedangkan di kelurahan lainnya masih menggunakan LPS alternatif.

"Untuk Kedaung Angke dan Cengkareng Barat, menampungnya pakai kontainer. Sedangkan kelurahan Kapuk dan Kosambi pakai LPS alternatif lahan kosong," tambahnya.

Sebelumnya, minimnya LPS resmi yang disediakan dinas kebersihan, sampah banyak berserakan di lahan-lahan kosong sebagai alternatif tempat pembuangan sampah. Pembersihan lahan tersebut juga terkendala karena masalah dana. Sehingga warga mengumpulkan dana dari hasil swadaya masyarakat yang dikoordinir oleh kelurahan untuk mengeruk LPS alternatif tersebut.

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X