Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang di Fatmawati Tolak MRT Layang

Kompas.com - 12/12/2012, 12:39 WIB
Noory Okthariza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pedagang yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) berunjuk rasa di depan Pasar Blok A, Jakarta Selatan. Mereka menolak pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) layang yang akan menggusur bangunan yang mereka tempati.

Para pedagang melakukan aksinya sejak pukul 09.30 WIB, Rabu (12/12/2012). Mereka menilai pembangunan MRT akan merugikan pedagang. Sebab, gedung yang mereka tempati saat ini akan dijadikan lahan parkir MRT.

Dalam aksinya, para pedagang membentangkan spanduk penolakan MRT yang di antaranya berbunyi "Rakyat Peduli MRT Dukung MRT Bawah Tanah = 99,6 %", "Dukung Kereta Layang = 0,4%".

Para pedagang juga mengaku memiliki dokumen rencana pembangunan MRT. Dalam dokumen tersebut, lokasi pasar akan menjadi tempat park and ride.

Pedagang mendesak Pemprov DKI Jakarta untuk membangun jalur MRT bawah tanah dan menghentikan pembangunan MRT layang.

"Kami ingin Pemprov membangun subway bukan elevated MRT," kata Dagirsyah Dahlan, Sekretaris Koperasi Pedagang Pasar Blok A.

Aksi ratusan pedagang ini terdiri dari pedagang Pasar Blok A, Pasar Mede, dan Pasar Cipete yang semuanya berlokasi di Jalan Fatmawati Raya. Hingga pukul 12.00 WIB, pendemo masih berkonsentrasi di Pasar Blok A sehingga membuat arus lalu lintas Jalan Fatmawati Raya menuju Blok M tersendat.

Pengguna kendaraan disarankan menghindari Jalan Fatmawati dan sekitarnya. Dari pasar Blok A, pendemo akan melanjutkan aksinya dengan berjalan menuju Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com