Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapore Airlines Tumbuh 9,1 Persen

Kompas.com - 20/12/2012, 21:06 WIB
Haryo Damardono

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Sepanjang  November 2012, maskapai Singapore Airlines mencatat pertumbuhan year on year  9,1 persen pada seluruh sistem angkutan penumpang (diukur dalam kilometer pendapatan penumpang), sedangkan kapasitas (diukur dalam kilometer kursi yang tersedia) maskapai ini tumbuh sebesar 5,6 persen.

Tingkat isian penumpang (passengers load factor/PLF) meningkat sebesar 2,5 poin menjadi 77,7 persen. Jumlah penumpang yang diangkut naik sebesar 9,7 persen menjadi 1,5 juta.

Demikian diinformasikan Public Relations Manager Singapore Airlines di Indonesia Glory Henriette, Kamis (20/12/2012), dalam surat elektroniknya.

Tingkat isian penumpang menguat di seluruh kawasan, kecuali Pasifik Barat Daya, di mana peningkatan permintaan tidak sesuai dengan peningkatan kapasitas. Kawasan Amerika memimpin pertumbuhan permintaan yang didorong oleh aktivitas-aktivitas promosi.

Pendapatan per penumpang diperkirakan tetap tertekan, sebagai akibat lingkungan operasi yang menghadapi tantangan dan aktivitas promosi.

Sementara itu jumlah penumpang yang diangkut SilkAir secara keseluruhan meningkat 12,2 persen secara year on year dibandingkan dengan pertumbuhan kapasitas 19,1 persen. Oleh karena itu, PLF turun 4,6 poin menjadi 74,4 persen.

Meskipun terdapat peningkatan terhadap jumlah penumpang yang diangkut, tingkat isian penumpang untuk kawasan Asia Barat, Asia Timur, dan kawasan Pasifik menurun yang dikarenakan peningkatan lalu lintas tidak sesuai dengan peningkatan kapasitas.  

Secara keseluruhan lalu lintas kargo (diukur dalam angkutan-ton-kilometer) turun 8,8 persen year on year , sementara kapasitas kargo turun 11,4 persen. Oleh sebab itu, persentase tingkat isian kargo pada bulan November 2012 turun sebesar 1,9 poin.

Tingkat isian kargo menurun untuk seluruh kawasan, kecuali Asia Timur, dengan manajemen kapasitas yang lebih baik. Namun, tingkat isian kargo untuk rute kawasan Asia Timur menurun sebesar 3,4 poin yang disebabkan permintaan pasar tidak sesuai dengan peningkatan kapasitas kargo di pesawat penumpang.       

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com