Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Argentina dan PM Jepang Kunjungi Indonesia

Kompas.com - 16/01/2013, 08:29 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Argentina, Cristina Elisabet Fernandez De Kirchner, dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, akan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia. Keduanya dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, mengatakan, Presiden Argentina akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 16-18 Januari 2013 . Dia dijadwalkan bertemu Presiden SBY pada 17 Januari di Istana Merdeka, Jakarta. Pada pertemuan bilateral itu, kata Faizasyah, akan dibahas pengembangan kerja sama kedua negara di berbagai bidang, terutama di bidang ekonomi. Argentina merupakan negara tujuan ekspor ketiga terbesar Indonesia untuk kawasan Amerika Latin setelah Brasil dan Meksiko.

"Sebaliknya, Indonesia merupakan mitra dagang Argentina terbesar di kawasan ASEAN. Nilai total perdagangan bilateral kedua negara tahun 2011 sebesar 1,94 miliar dolar AS. Hingga Oktober 2012 , nilai perdagangan bilateral mencapai 1,67 miliar dolar AS," kata Faizasyah dalam siaran pers, Rabu ( 16/1/2013 ).

Selama di Indonesia, tambah Faizasyah, De Kirchner dijadwalkan untuk mengunjungi Museum Nasional dan melaksanakan upacara peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan, Kalibata. Presiden De Krichner juga akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pelaku bisnis utama Indonesia. Turut menyertai dalam kunjungan ini sebanyak 230 pelaku bisnis Argentina.

Adapun Perdana Menteri Jepang akan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 18-19 Januari 2013 didampingi istrinya  Akie Abe dan sejumlah delegasi. Selain bertemu dengan Presiden SBY, kata Faizasyah, Abe juga dijadwalkan melakukan kunjungan ke Economic Research Institute For Asean And East Asia (ERIA).

"Dalam pertemuan bilateral, akan dibahas upaya pengembangan kerja sama kedua negara di berbagai bidang dengan merujuk pada Kemitraan Strategis yang telah disepakati kedua negara tahun 2006 ," kata Faizasyah.

Faizasyah menambahkan, Jepang merupakan salah satu mitra utama kerja sama ekonomi Indonesia. Nilai perdagangan bilateral tahun 2011 mencapai 53,1 miliar dollar. Hingga Oktober 2012 , nilai perdagangan bilateral mencapai 44,85 miliar dollar. Adapun nilai investasi Jepang pada 2011 mencapai 1,51 miliar dollar dan hingga bulan Oktober 2012 nilai investasi mencapai 1,78 miliar dollar.

"Kunjungan Presiden Argentina dan PM Jepang ke Indonesia kali ini diharapkan akan memperkuat hubungan Indonesia dengan kedua negara, tidak hanya antar pemerintah tetapi juga antar masyarakat dan para pelaku bisnis," kata Faizasyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com