Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandera di Aljazair Berhasil Melarikan Diri

Kompas.com - 18/01/2013, 08:44 WIB

Sejumlah sandera berhasil lari dari penculikan oleh kelompok militan Islam di sebuah kompleks eksplorasi gas alam di Aljazair timur. Rincian tentang bagaimana mereka bisa membebaskan diri masih belum jelas namun dilaporkan sekitar 30 hingga 40 sandera warga Aljazair serta 15 sampai 20 sandera warga asing berhasil membebaskan diri.

Warga asing yang disandera berasal dari Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Norwegia, dan Jepang. Namun belum ada pernyataan maupun pengukuhan atas bebasnya sandera dari pemerintah negara yang bersangkutan.

Tentara Aljazair sudah mengepung fasilitas gas alam Tigantourine di dekat Amenas, sekitar 100 kilometer dari perbatasan Aljazair dengan Libya.

Operasi Bersama

Laporan-laporan sebelumnya mengatakan sepanjang Rabu (16/1) malam berlangsung tembak menembak antara pasukan Aljazair dan para militan Islam yang bersenjata berat. Kelompok militan Islam menguasai kompleks itu Rabu setelah menewaskan seorang warga Inggris dan warga Aljazair.

Salah seorang perwira keamanan Aljazair mengatakan kepada kantor berita AP bahwa sedikitnya 20 warga asing, antara lain warga Amerika Serikat dan Eropa, ikut melarikan diri.

Sementara itu stasiun TV swasta Aljazair, Ennahar, menyebutkan warga asing yang selamat berjumlah 15 orang, termasuk satu pasangan Perancis.

Perusahaan minyak dan gas Inggris, BP, mengoperasikan fasilitas Tigantourine bersama dengan perushaan minyak negara Aljazair, Sonatrach, dan Statoil dari Norwegia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com