Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu WNI Bebas dari Penyanderaan di Aljazair

Kompas.com - 18/01/2013, 17:00 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Seorang warga negara Indonesia berinisial AA telah dibebaskan dari penyanderaan oleh kelompok bersenjata di kompleks tambang dan kilang gas di kota Inamenas, Tigaritourine, Ilizi, Aljazair, dalam kondisi selamat. AA dibebaskan pada Rabu (16/1/2013).

"KBRI Alger menyampaikan bahwa AA telah berangkat menuju London kemarin malam untuk meneruskan perjalanan ke Tanah Air," kata Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, P.L.E Priatna, dalam siaran persnya, Jumat ( 18/1/2013 ).

Priatna menjelaskan, AA bekerja untuk perusahaan minyak British Petroleum (BP). Kepala Bidang Politik KBRI Alger menyampaikan kepadanya telah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Aljazair untuk memastikan perlindungan dan pembebasan AA.

Penyerangan kompleks tambang dan kilang gas yang dikelola secara bersama Aljazair Sonatrach, British Petroleum, dan Norwegia Statoil itu terjadi pada hari Rabu (16/1/2013) pagi. Disebutkan, penyerangan dilakukan oleh 20-25 anggota teroris bersenjata.

Ketika itu, kelompok bersenjata menyandera 41 orang pekerja asal berbagai negara dan sekitar 200 pekerja Aljazair. Sebanyak 105 orang berhasil bebas, termasuk AA.

Namun, dua pekerja asal Inggris dan Aljazair terbunuh serta tujuh orang lainnya terluka dalam kontak senjata antara kelompok teroris dan aparat keamanan.

Menurut berita yang disampaikan oleh KBRI Alger, kata Priatna, Pemerintah Aljazair telah mengambil tindakan. Pasukan komando yang terdiri dari satuan polisi militer dan pasukan khusus lainnya telah mengepung kompleks tambang dan kilang gas sampai berita ini diturunkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com