Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Bantah 10 Perusahaan Korsel Hengkang

Kompas.com - 25/01/2013, 07:41 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa membantah bahwa ada 10 perusahaan dari Korea Selatan hengkang dari Indonesia. Kondisi iklim usaha di Indonesia masih kondusif.

"Tidak ada itu. Saya tahu persis kondisi mereka," kata Hatta saat ditemui setelah rapat koordinasi tentang privatisasi di kantornya, Rabu malam (23/1/2013).

Sayangnya, Hatta enggan menjelaskan kondisi sebenarnya dari perusahaan asing tersebut. Ia mengaku belum diberi tahu oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) terkait isu ini.

Seperti diberitakan, Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi menjelaskan pemerintah hendaknya cepat mengambil keputusan berkaitan dengan upah minimum provinsi. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga terjadinya kemungkinan pemutusan hubungan kerja dan hengkangnya perusahaan dari Indonesia.

Saat ini, sudah 10 perusahaan Korea Selatan di bidang garmen yang hengkang. Sofjan menilai, antara pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta tidak ada gerakan bersama untuk menyelesaikan masalah upah minimum provinsi (UMP).

"Pemerintah pusat sepertinya menyerahkan urusan UMP kepada Pemprov DKI. Kesannya tak serius," ujar Sofjan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com