Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hari Banjir, Warga Bakung Belum Tersentuh Bantuan

Kompas.com - 26/01/2013, 16:31 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Ratusan rumah warga di Bakung, Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung, Sabtu (26/1/2013), masih terendam banjir sejak tiga hari lalu. Namun, mereka belum tersentuh bantuan.

Berdasarkan pantauan Sabtu, banjir ini masih merendam permukiman warga padat penduduk di Kelurahan Bakung. Ketinggian banjir bervariasi dari 40 sampai 60 sentimeter. Banjir ini sedikit surut dari Kamis (24/1/2013) lalu.

Sejumlah warga mulai membersihkan sisa banjir yang mulai surut. Mereka menjemur mebel dan alat elektronik yang terendam. Namun, sebagian dari mereka masih mengungsi ke tempat kerabat di malam hari karena hujan deras masih terus turun di sore dan malam hari.

Menurut Tarni (47), warga Kampung Sawa Raya, Bakung, dirinya dan warga lainnya belum tersentuh bantuan, kecuali dari partai politik. "Padahal, hampir seluruh barang kami rusak. Pakaian, alat-alat elektronik, dan tempat tidur terendam," ujarnya.

Zubaedah (60), warga lainnya, mengaku belum tersentuh sama sekali bantuan, termasuk dari partai. Padahal, hingga kini rumahnya masih terendam dan ia kesulitan mengolah makanan. "Untuk makan, kami masih beli nasi bungkus. Malam harinya, mengungsi ke tempat saudara," tuturnya.

Azis, warga Bakung lainnya, mengatakan, bantuan makanan dari pengembang Perumahan Citra Garden hanya sampai kepada segelintir warga. "Itu pun yang tinggal di bagian depan. Yang di belakang tidak dipikirin," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com