Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Harapkan Kredit UKM Perbankan Meningkat

Kompas.com - 11/03/2013, 04:43 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mengharapkan kredit bagi usaha kecil menengah yang disalurkan perbankan semakin meningkat sehingga mampu memajukan usaha masyarakat.

"Kredit bagi UKM yang disalurkan perbankan perlu terus ditingkatkan agar pelaku usaha kecil semakin maju mengembangkan usahanya," kata Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Syahriani, Minggu (10/3/2013).

Ia mengatakan, pihaknya sudah mempertemukan perwakilan pelaku UKM dengan perbankan melalui ekspose tentang realisasi pemberian pinjaman 2012 dan rencana pinjaman perbankan 2013 di aula ULP Banjarbaru.

Kegiatan itu dihadiri pimpinan SKPD terkait di lingkungan Pemkot Banjarbaru seperti Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Fahrudin, Kepala Disperindag Suriansyah dan perwakilan Bank Kalsel, BRI, BNI, Bukopin dan Bank Mandiri.

"Dijadwalkan akhir Mei 2013 Presiden berkunjung ke Banjarbaru terkait puncak peringatan hari gotong royong dan kesatuan gerak PKK dengan perkiraan sekitar 5.000-6.000 orang hadir, sehingga harus dimanfaatkan pengusaha kecil memperkenalkan produknya," kata dia.

Sementara itu, laporan yang disampaikan perwakilan perbankan mengenai pemberian kredit usaha rakyat (KUR), Bank Kalsel realisasinya selama 2012 sebesar Rp 7,8 miliar dan rencana pada 2013 mencapai Rp 10 miliar dengan bunga 13 persen.

Realisasi BRI untuk KUR mikro sebesar Rp 40,5 miliar dan rencana pada 2013 meningkat lagi dengan bunga satu persen per bulan, BNI realisasi Rp 25 miliar dan rencana 2013 bisa meningkat lagi dengan bunga flat 12 persen.

Sedangkan Bank Bukopin KUR realisasi 2012 sebesar Rp 1,2 miliar, rencana 2013 mencapai Rp 15 miliar bunga 13 persen, serta Bank Mandiri akan terus meningkatkan realisasi kredit usaha rakyat.

Ia menambahkan, peserta UKM meminta persyaratan pinjaman perbankan lebih mudah dengan jangka pengembalian cukup panjang sehingga memudahkan perputaran modal serta adanya pembinaan dari bank dan instansi terkait.

"Permintaan itu cukup wajar sehingga kami mengharapkan perbankan memberikan kemudahan di samping pembinaan baik oleh perbankan maupun instansi terkait di lingkup Pemkot Banjarbaru," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com