Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Lahan Jadi Kendala Terbesar Produksi Bawang

Kompas.com - 18/03/2013, 20:00 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendala terbesar produksi bawang merah dan bawang putih adalah persoalan lahan.

Lahan yang paling subur tersedia di Pulau Jawa, namun konversi lahan di wilayah ter sebut sangat tinggi. Konsistensi petani juga bergantung pada harga komoditas yang ditanam. Jika ada komoditas lain yang harganya lebih menarik, maka petani akan meninggalkan komoditas lama dan beralih ke komoditas baru.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertanian Suswono, saat menggelar jumpe pers bersama Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di kantor Kementerian Perdagangan, Senin (18/3/2013). "Jadi tantangan di produksi cukup besar, tapi kami akan terus fokus pada peningkatan produksi," katanya.

Dia mengatakan untuk bawang putih, sekitar 95 persen kebutuhan di dalam negeri masih dipasok dari impor. Sementara untuk bawang merah, Indonesia sudah menjadi net-exportir.

"Kenaikan harga bawang merah saat ini lebih karena pengurangan produksi di daerah sentra. Secara keseluruhan kita masih net eksportir. Beberapa petani bawang merah juga mulai beralih ke padi karena faktor harga," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com