Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sikap Fraksi Partai Besar soal Agus Marto

Kompas.com - 25/03/2013, 21:31 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fraksi Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) hingga Senin (25/3/2013) malam ini belum memutuskan sikapnya terhadap pencalonan Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2013-2018. Sementara, Fraksi Partai Demokrat sepakat bulat mendukung Agus.

"Sampai sekarang belum ada keputusan resmi (Fraksi PDI-P). Tapi Agus ini memang kandidat yang paling siap menjadi Gubernur BI," kata politisi PDI-P yang juga Ketua Komisi XI DPR Emir Moeis usai uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi XI DPR Jakarta, Senin (25/3/2013).

Politisi Partai Golkar yang juga Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Aziz juga mengatakan hal senada.  "Fraksi kami belum menentukan, menerima atau menolak. Malam ini kami akan rapat," kata Harry.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi XI dari Fraksi Demokrat Andi Timo Pangerang mengatakan, fraksinya mendukung pencalonan Agus sebagai Gubernur BI. "Kalau sikap kami sudah jelas mendukung Agus Marto menjadi Gubernur BI," kata Andi.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan hari ini, Agus dihujani pertanyaan dari 30 anggota DPR Komisi XI. Menurut Harry, secara umum jawaban Agus memuaskan, menunjukkan kemampuan yang memadai dalam soal perbankan, penyerapan anggaran, hingga kebijakan menata inflasi.

Sementara, penilaian Andi, Agus kompeten menjadi orang nomor satu di bank sentral tanah air. Pengalamannya sebagai bankir dan Menteri Keuangan menjadi nilai plus tersendiri. Agus memiliki kemampuan dan kecakapan ganda. Selain itu, integritas Agus di dua bidang tersebut juga dipandang mumpuni.

Keputusan Komisi XI DPR untuk menerima atau menolak  Agus Martowardojo menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) akan ditentukan besok, Selasa (26/3/2013). Komisi XI akan menggelar rapat internal pukul 13.00 wib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com